Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok

Siapa yang tidak kenal tumbuhan eceng gondok? Meskipun merupakan tumbuhan air yang tergolong sebagai gulma, tapi nyatanya ada banyak manfaat dari eceng gondok. Berikut manfaat tumbuhan eceng gondok yang juga bernilai ekonomis. 

Eceng Gondok

Eceng Gondok sebagai Bioenergi

Perlu diketahui bahwa kecepatan tumbuhan ini dalam berkembang biak sangat tinggi. Hal itulah yang membuat mereka kerap digolongkan sebagai gulma karena dapat merusak lingkungan perairan. Fakta menarik lainnya justru kecepatan tumbuhan eceng gondok dalam berkembang biak itulah yang membuatnya juga bermanfaat.

Eceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai bionergi dengan ketersediaannya cukup melimpah. Tumbuhan ini akan menghasilkan bionergi dalam bentuk biogas di mana tiap hektar eceng gondok mampu menghasilkan 70.000 meter kubik biogas. Ada beberapa peneliti mengatakan bahwa bionergi hasil dari olahan eceng gondok terdapat unsur kimiawi yang serupa dengan bahan bakar umumnya sehingga hampir menandingi metana. 

Eceng Gondok Atasi Polusi Air

Anggapan eceng gondok sebagai gulma memang tepat karena keberadaannya tidak diinginkan. Namun meskipun tidak diinginkan, eceng gondok memiliki akar yang bermanfaat menjaga area perairan dari berbagai polusi. Tumbuhan ini memiliki akar yang mampu bertahan hidup dengan polutan berbahaya seperti merkuri, timbal dan lainnya. 

Hal itu disebabkan oleh sifat anti kimia yang ada pada bagian akarnya. Jadi, akar eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membersihkan air dari ancaman polutan. Dari alasan itulah terbentuk sistem pengolahan air limbah dengan tumbuhan eceng gondok. Kemampuan akarnya menghisap polutan adalah sekitar 60% hingga 80% nitrogen serta 69% potassium pada air yang telah tercemar. 

Eceng Gondok Jadi Kuliner dan Obat

Hampir seluruh tumbuhan yang tidak beracun dapat dijadikan bahan baku untuk membuat kuliner, termasuk eceng gondok. Selain itu eceng gondok juga dapat diolah lebih lanjut menjadi obat. Hal ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Asia Timur seperti Negara Taiwan dan masyarakat Asia Tenggara seperti Vietnam.

Mereka mengonsumsi eceng gondok sebagai salad untuk mendapatkan kandungan karoten yang banyak terdapat dalam tumbuhan tersebut. Sementara untuk masyarakat Asia Tenggara seperti Indonesia, eceng gondok kerap dijadikan obat-obatan terutama di kalangan masyarakat Jawa. Daun eceng gondok dapat menyembuhkan penyakit kulit di mana perannya sebagai pencegah peradangan. 

Eceng Gondok sebagai Herbisida

Ekstrak dari tumbuhan air ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai herbisida alami guna membasmi tumbuhan putri malu. Jadi, herbisida itu merupakan bahan yang dapat mengendalikan tumbuhan pengganggu atau gulma seperti alang-alang, rumput dan semak-semak liar. Hal itu dapat mengurangi pemakaian racun kimia untuk membasmi gulma di lingkungan sekitar. 

Itulah penjelasan singkat mengenai tumbuhan eceng gondok. Simak artikel lainnya juga seperti fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Kenali Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok "