Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Fungsi, Jenis Dan Ciri Jaringan Meristem

Tumbuhan terdiri dari beberapa bagian kompleks seperti jaringan. Perlu diketahui bahwa jaringan juga terdiri dari sekelompok sel yang memiliki asal, fungsi dan struktur yang sama. Pada tumbuhan terdapat dua jaringan yakni meristem dan dewasa. Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi, jenis dan ciri jaringan meristem. 

Jaringan Meristem

Apa itu Jaringan Meristem?

Jaringan meristem terdiri dari sel yang aktif dalam aktivitas membelah diri secara mitosis. Hal itu membuat tumbuhan mengalami pertambahan tinggi serta volume. Jadi, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terjadi akibat kinerja dari jaringan meristem. Selain itu jaringan meristem juga kerap disebut sebagai jaringan aktif dalam membelah. Sel yang ada pada jaringan tersebut dibekali dengan kemampuan membelah diri secara mitosis guna menambah sel tubuh tumbuhan. 

Fungsi Jaringan Meristem

Fungsi dari jaringan meristem pada tumbuhan adalah mempercepat proses pelebaran dan pemanjangan batang hingga akar. Jaringan meristem juga berguna untuk mendorong pertumbuhan kecambah. Jaringan ini berfungsi sebagai jaringan embrionik yang membentuk sel-sel baru yang nantinya akan berdiferensiasi menjadi jaringan lain.

Ciri Jaringan Meristem

Masing-masing jaringan pada tumbuhan memiliki ciri khas. Inilah ciri jaringan meristem pada tumbuhan. 

  1. Jaringan meristem terdiri dari sel-sel mudah yang aktif membelah tubuh dengan ukuran kecil. 
  2. Susunan sel pada jaringan meristem sangat rapat sehingga tidak tersedia ruang antarsel. 
  3. Bentuk sel pada jaringan meristem adalah bulat, poligonal, lonjong, kuboid atau prismatik dengan dinding sel tipis. 
  4. Sel pada jaringan meristem juga memiliki banyak protoplasma. 
  5. Sel pada jaringan meristem juga terdiri dari satu atau dua inti sel dengan ukuran besar. 

Jenis Jaringan Meristem

Jaringan meristem terbagi menjadi beberapa jenis tergantung posisinya. Inilah jenis jaringan meristem berdasarkan posisinya. 

1. Meristem Apikal

Posisi jaringan meristem apikal ini terletak pada ujung batang utama, ujung akar dan ujung lateral. Pertumbuhan jaringan ini dapat menyebabkan pertambahan panjang pada tumbuhan ke atas maupun ke bawah. Pertumbuhan tersebut juga dikenal dengan pertumbuhan primer yang berkaitan dengan teori aktivitas titik tumbuh. 

2. Meristem Interkalar

Jaringan meristem interkalar ini terletak antara jaringan dewasa atau jaringan yang telah terdiferensiasi dan termasuk jaringan primer. Jenis jaringan ini bisa ditemukan pada bagian pangkal ruas batang tumbuhan rerumputan dan beberapa spesies lainnya termasuk paku ekor kuda. Meristem interkalar ini akan menghasilkan ruas batang bertambah panjang dan menghasilkan bunga. 

3. Meristem Lateral

Meristem ini terletak sejajar dengan permukaan akar maupun batang. Jaringan bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan sekunder pada bagian akar maupun batang yang akan membesar. Aktivitas meristem lateral juga membentuk jaringan sekunder. 

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi, jenis dan ciri jaringan meristem. Sementara untuk materi fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan dapat disimak pada artikel lainnya. 


Posting Komentar untuk "Kenali Fungsi, Jenis Dan Ciri Jaringan Meristem"