Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Asal Tebang, Inilah 4 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan!

Menjadi salah satu instrumen dan memiliki peranan penting dalam kehidupan, hutan memiliki berbagai manfaat yang tidak banyak diketahui oleh generasi zaman sekarang. Lebih dari sekadar penghasil oksigen, hutan juga merupakan salah satu pabrik obat-obatan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Agar tidak penasaran, yuk simak manfaat hutan dalam ulasan berikut!

Manfaat Hutan

1. Sebagai Sumber Oksigen

Pertama dan paling utama, hutan merupakan salah satu sumber oksigen di bumi. Sebagai penghasil oksigen peran hutan sangat penting untuk kehidupan makhluk di bumi ini. Maka dari itu, tidak heran jika hutan mendapat julukan paru-paru dunia, sebab sumber udara bersih atau oksigen yang dihirup oleh manusia sehari-hari sumbernya dari hutan.

Tak hanya itu, keberadaan hutan juga merupakan tempat tinggal untuk jutaan spesies tanaman dan hewan yang hidup di bumi. Hutan juga memiliki peranan penting dalam mengatur perubahan iklim yang terjadi pada berbagai wilayah di belahan dunia. 

2. Membantu Menyimpan Cadangan Air

Tak hanya sebagai penghasil oksigen, manfaat hutan berikutnya adalah membantu menyimpan cadangan air. Bagaimana bisa? Air hujan yang jatuh ke daerah hutan ternyata akan menyebar ke beberapa titik serta arah yang berbeda. 

Dari sinilah air hujan yang jatuh ke hutan disimpan dan tetap berada di dalam tanah, terikat dengan akar-akar pohong yang ada di sekitarnya. Sedang aliran air hujan yang lain akan masuk ke dalam tumbuhan atau pohon-pohon yang ada di sekitarnya dan akan melalui proses transpirasi serta intersepsi oleh tumbuhan.

3. Dapat Mencegah Banjir dan Tanah Longsor

Karena air yang jatuh di hutan disimpan dan terikat di antara akar-akar pohon, maka hal ini akan sangat meminimalisir terjadinya banjir. Air yang ada tidak serta merta mengalir ke dataran yang lebih rendah pada saat itu juga, melainkan ditahan oleh akar-akar pohon yang ada di dalam hutan.

Tak hanya banjir, dengan tertahannya air di bawah akar pohon, maka air tidak serta merta mudah membawa tanah berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Maka dari itu, di daerah dataran tinggi yang masih banyak hutannya longsor sangat jarang terjadi.

4. Sebagai Sumber Obat-obatan Alami 

Tahukah kamu, sebanyak 70% tumbuhan liar yang ada di dalam hutan dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit mematikan. Sati di antaranya adalah penyakit kanker. Adapun contoh tumbuhan di hutan yang bisa digunakan sebagai obat alami adalah pohon bakau dan pohon kakao. Lebih dari itu, menghirup udara segar dari hutan juga bisa menghilangkan stres.

Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal 4 manfaat hutan yang tidak banyak diketahui oleh generasi zaman ini. Agar manfaat tersebut tetap ada sampai nanti, jaga hutan yang masih ada dan jangan biarkan hutan-hutan tersebut mengalami penebangan liar. Ketahui juga informasi perihal Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan

Posting Komentar untuk "Jangan Asal Tebang, Inilah 4 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan!"