Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Melestarikan Hutan Yang Harus Anda Tahu

Sebagai salah satu pemegang peranan penting dalam kehidupan, keberadaan hutang yang saat ini hanya tinggal sepersekian persen dari ratusan bahkan ribuan tahun lalu perlu dijaga dan dilestarikan. Perusakan hutan yang kian hari kian bertambah dan berjalan begitu cepat harus segera diberhentikan. Lantas bagaimana cara melestarikan hutan yang masih tersisa? Berikut merupakan hal yang bisa Anda contoh!

Cara Melestarikan Hutan

1. Berhenti Menebang Pohon

Tahukah Anda ada lebih dari 46% pohon di dunia telah ditebangi selama kurun waktu 2002 sampai dengan saat ini. Banyaknya pohon yang ditebang tersebut mengartikan hampir setengah dari luas hutan di muka bumi telah rusak.

Apakah kerusakan hutan tersebut bisa ditanggulangi? Tentu saja. Agar tidak terjadi kerusakan hutan yang lebih parah, upayakan untuk tidak melakukan penebangan pohon di hutan yang masih tersisa. Trlebih melakukan penebanan pohon secara ilegal atau menebang sembarangan.

2. Lakukan Reboisasi

Cara melestarikan hutan yang kedua adalah dengan menggalangkan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul. Melakukan penanaman pohon merupakan salah satu sikap menjaga kelestarian lingkungan, termasuk pelestarian hutan yang harus ditularkan dari setiap individu ke individu lainnya.

Melakukan reboisasi berarti melakukan penggantian terhadap pohon yang ditebang secara sembarangan atau ilegal. Penanaman pohon tersebut dapat dilakukan dengan skala besar dan hal tersebut dapat dikatakan sebagai penghijauan kembali hutan yang gundul.

3. Melakukan Tebang Pilih

Walau bagaimanapun juga, manusia tetap akan membutuhkan kayu dalam kehidupanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia sangat dianjurkan untuk melakukan tebang pilih. Metode tebang pilih ini dilakukan dengan cara hanya menebang pohon yang cukup tua dengan diameter serta tinggi yang telah mencukupi syarattebang.

Tak hanya itu, tebang pilih juga dilakukan kepada pohon yang hampir mati, telah mati, maupun yang akan roboh. Metode ini dilakukan agar pohon-pohon yang masih muda dapat berkembang dan dapat tumbuh menjalankan fungsinya sebagai penghasil oksigen serta penyimpan cadangan air. Tebang pilih ini dilakukan dengan cara menyisihkan 90% pohon di hutan, sehingga dapat menjaga kelestarian hutan.

4. Rawat Hutan dengan Tulus

Sebagaimana hutan telh memberi kehidupan pada manusia melalui oksigen yang dihasilkan, sudah semestinya manusia melakukan perawatan hutan. Adapun cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah tidak merusak pohon yang harus ditanam dan melakukan pembalakan liar terhadap pohon yang mulai tumbuh dewasa.

Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait cara melestarikan hutan yang sederhana. Tanpa harus dikomando, hal ini bisa segera dimulai dari diri sendiri. Tak hanya tidak melakukan pembalakan liar, mencegah terjadinya kebakaran hutan juga merupakan salah satu bentuk pelestarian yang bisa Anda lakukan. Baca juga fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan.

Posting Komentar untuk "4 Cara Melestarikan Hutan Yang Harus Anda Tahu"