Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Pencemaran Air, Udara, Tanah Dan Suara Yang Diakibatkan Aktivitas Industri

Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa limbah industri yang mencemari. Hal ini akan menyebabkan kesulitan air bersih dan lain sebagainya. Kategori pencemaran tersebut meliputi penggunaan air, produksi limbah dan atau jenis perilaku lingkungan. 

Penyebab Pencemaran Air, Udara, Tanah Dan Suara

Faktor yang merusak kebersihan air tersebut umumnya dilakukan oleh perilaku buruk beberapa perusahaan. Hal ini juga dapat dilihat dari seberapa efisien suatu perusahaan dalam mengelola sumber daya perusahaan dan juga menjaga lingkungan di sekitar. Perusahaan yang peduli lingkungan berarti sebuah perusahaan yang beroperasi dengan tetap memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan (AMDAL). 

Kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dilihat dari bagaimana cara perusahaan memberikan penawar terhadap dampak negatif pada aktivitas kerjanya. Misalnya suatu perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam (SDA) seperti pertambangan batu bara, minyak bumi, gas serta bidang usaha lainnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab pencemaran udara paling banyak disebabkan oleh asap produksi sebuah industri pabrik. Ketika terjadi pencemaran suhu pada permukaan bumi maka hal ini akan menjadi pemicu dari berbagai dampak yang akan ditimbulkan berada pada udara. 

Apabila suhu bumi meningkat maka akan berdampak pada makhluk hidup yang berada di sekitar. Selain itu pencemaran udara akan mengakibatkan gagal panen, dan udara kotor.

Untuk menanggulangi masalah tersebut di Indonesia apabila dilihat berdasarkan letak geografis dan suhu, Indonesia dapat dikatakan rentan terhadap dampak perubahan iklim sehingga perlu dilakukan mitigasi dalam rangka membangun ketahanan dan adaptasi yang baik. Aksi adaptasi dan aksi mitigasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konsep ESG ketika dikaitkan dengan suatu perusahaan atau korporasi.

Penyebab Pencemaran Tanah

Di Indonesia sendiri diketahui praktik bisnis yang dilakukan secara  umum berdasarkan kuantitas dan kualitas sumber daya alam maka dengan adanya peningkatan pembangunan industri akan berdampak pada pencemaran tanah.

Pencemaran tanah umumnya disebabkan oleh limbah anorganik dan limbah organic. Limbah anorganik merupakan limbah yang sangat sulit untuk diuraikan. Meskipun pada akhirnya dapat diuraikan meskipun dalam waktu yang lama. Sedangkan limbah organic merupakan sampah yang mudah untuk diuraikan dan tidak membutuhkan waktu lama. Namun meskipun demikian limbah tersebut dapat menjadi penyebab pencemaran air, udara, tanah dan suara.

Penyebab Pencemaran Suara

Pencemaran suara paling banyak disebabkan oleh suara pesawat udara, hal ini dilakukan oleh kebisingan. Namun, selain itu pencemaran suara juga dapat disebabkan oleh suara kendaraan bermotor, suara pabrik, suara petir serta suara kendaraan umum lainnya.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyebab pencemaran air, udara, tanah dan suara adalah dengan mengelompokan pabrik atau aktivitas manusia yang memiliki potensi tinggi akan memberikan pencemaran. Selanjutnya mematuhi rambu – rambu pelaksanaan industri berdasarkan ketentuan AMDAL. Apabila hal tersebut tidak dilaksanakan maka akan berpengaruh pada fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Pencemaran Air, Udara, Tanah Dan Suara Yang Diakibatkan Aktivitas Industri"