Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sejarah Singkat Mengenai Lagu Mengheningkan Cipta!

Lagu mengheningkan cipta  merupakan salah satu lagu nasional yang serung dinyanyikan ketika upacara sebagai penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang sudah berjuang dan gugur demi kemerdekaan Indonesia. Lalu, sebenarnya apa sih Mengheningkan Cipta itu? Yuk temukan jawaban di bawah ini:

Lagu Mengheningkan Cipta

Mengenal  Mengheningkan Cipta

Mengheningkan cipta ialah suatu kegiatan mengenang pahlawan telah gugur misalnya saja pahlawan – pahlawan Indonesia. Mengheningkan cipta biasanya dilakukan dengan menundukan kepala sejenak dengan khidmat sambil diiringi lagu nasional Indonesia Mengheningkan Cipta.

Berdasarkan sejarah, lagu ini pertama kali diperdengarkan di Ambon pada tahun 1958 di acara peringatan Hari Pahlawan yang juga dihadiri Presiden Soekarno. Acara tersebut guna mengumpulkan dukungan dalam upaya pembebasan Irian Barat. Nah, sejak saat itu sudah menjadi kebiasaan apabila lagu Mengheningkan Cipta ketika pelaksanaan upacara bendera.

Pencipta Lagu

Lagu mengheningkan cipta diciptakan oleh Truno Prawit. Beliau merupakan pengarang lagu asal Surakarta yang lahir pada tahun 1915. Beliau juga  pernah menjadi bagian dari Staf Musik Keraton Surakarta Solo.

Truno Prawit selama hidupnya ialah seniman sekaligus pelaku sejarah. Bahkan beliau mengubah beberapa lagu. Adapun beberapa gubahan karya beliau seperti “Mars Diponegoro”, “Bersatulah”, “Hari Gagahnya Gagah”, “Tanah Airku”, “Indonesia Pusaka”, “Rasa Kebangsaan”, “Kesadaran Rakyat”, “Hari Angkatan Pusaka” dan “Mengheningkan Cipta”.

Lirik Mengheningkan Cipta dan Not

Nada dasar : do = C

Tempo : 4/4 Lento

 

De ngar se lu ruh ang ka sa ra ya me mu ji 

5   3    4  5  5   3   1 1 7  1 6 5   3

 

Pah la wan ne ga ra 

5    4  3   2  1 2 

 

Nan gu gur re ma ja di ri ba an ben de ra

5   3   4   5  5  3  1 1 7  1 6  5   3 

 

Be la nu sa bang sa

4  3   2  1  2    1 

 

Kau ku ke nang wa hai bu nga pu tra bang sa

1  2   3  1    5  3   1  6   6   5   4/  5 

 

Har ga ja sa

5    1 5  2 

 

Kau cah ya pe li ta

5   3  2 1 7   1

 

Ba gi In do ne sia mer de ka 

7  6   5 3   4  2   3  2  1

Makna Mengheningkan Cipta

Adapun makna dari lagu lagu nasional sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan Indonesia sekaligus ungkapan terima kasih kepada pahlawan yang telah rela berkorban demi negara dan bangsa Indonesia.

Demikianlah informasi singkat mengenai lagu mengheningkat cipta. Yuk pelajari hal – hal lain terkait sejarah karena mengingat betapa pentingnya pelajaran kewarganegaraan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sejarah Singkat Mengenai Lagu Mengheningkan Cipta!"