Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dan Memahami Pengertian Proteksi Untuk Mempraktikkan Perlindungannya

Apa pengertian proteksi? Apakah Anda sekalian sudah mengenal dan mengetahuinya atau belum? Jika belum, silahkan membaca uraian ini hingga selesai karena akan membahasnya panjang lebar. Dimana proteksi tersebut bisa diartikan secara sempit dan luas. Selain itu, proteksi dapat diterapkan untuk diri sendiri, lingkungan keluarga, hingga berskala nasional yang menyangkut pertahanan dan keamanan negara.

Pengertian Proteksi

Mengenal Proteksi Lebih Dekat

Perlu Anda sekalian ketahui bahwa proteksi berasal dari Bahasa Inggris protection yang artinya perlindungan. Jika diartikan secara sempit, kata proteksi berarti melindungi sesuatu yang dianggap jahat, buruk, negatif, dan diperkirakan merugikan diri Anda sendiri bersama keluarga serta orang terdekat.

Dikarenakan hanya akan berdampak buruk, maka harus menjauhi dan menghindari berbagai hal negatif tersebut. Itulah yang dinamakan proteksi dalam arti sempit. Misalnya, Anda tidak merokok dan menghindari perokok agar tidak menghisap asap rokok karena sangat merugikan kesehatan tubuh.

Sementara jika diartikan dalam arti luas, proteksi berarti perlindungan secara umum dari pengaruh negatif yang diperkirakan dapat mengganggu serta mempengaruhi suatu bangsa dan negara.

Sebagai contoh, paham radikalisme yang bisa menjadi seorang atau sekelompok orang tertentu menyakiti hingga membunuh orang lain. Dimana paham seperti itu dipicu oleh pemahaman nasionalisme dan beragama yang mungkin kurang tepat. Akhirnya, pemahamannya disalahartikan dengan membunuh saudara sendiri, baik masih satu agama maupun satu bangsa.

Negara Indonesia harus melindungi diri dari paham radikalisme semacam itu. Oleh karenanya, harus diterapkan cara, langkah, dan aturan perihal proteksi terhadap paham radikalisme tersebut. Semua itu bisa dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah. Oleh karenanya, pentingnya pelajaran Kewarganegaraan juga perlu dipahami.

Memahami dan Mempraktikkan Proteksi dengan Benar

Anda sudah mengenal pengertian proteksi secara sempit dan luas, setelah membaca uraian diatas. Selanjutnya, Anda harus mampu memahaminya sesuai porsinya masing-masing. Dalam artian, proteksi yang dipahami disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri dalam melindungi diri sendiri, lingkungan keluarga, hingga berskala nasional dari sesuatu yang dianggap buruk serta merugikan.

Jika sudah memahaminya seperti itu, langkah berikutnya adalah Anda dituntut mampu mempraktikkan proteksinya seperti kebutuhan yang diinginkan. Dimana proteksi jangan selalu dipahami dari kejahatan konvensional di jalanan atau tempat umum.

Namun demikian, proteksi dari semua hal yang buruk dan negatif skalanya lebih luas. Anda perlu mengetahui hal buruk itu terlebih dulu. Setelah itu, barulah berpikir cara atau langkah melindungi seperti apa yang harus diambil seperti porsinya.

Tidak perlu mengambil langkah berlebihan karena bisa berakibat fatal untuk diri Anda sendiri dan orang lain. Anda praktikkan saja yang seperlunya agar tetap melindungi diri dan mampu menghindari dari hal-hal buruk lainnya. Jadi, semua proteksi diri memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya.

Oleh karenanya, Anda harus mengetahui dan memahami dulu pengertian proteksi. Setelah itu, barulah bisa mengambil sikap yang dibutuhkan sebagai bentuk proteksi itu sendiri.

Posting Komentar untuk "Mengenal Dan Memahami Pengertian Proteksi Untuk Mempraktikkan Perlindungannya"