Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Alasan Manusia Perlu Aturan

Mungkin beberapa orang sempat berfikir, apa alasan manusia perlu aturan? Perlu Anda ketahui, segala sesuatu yang ada di dunia ini tentunya membutuhkan adanya aturan. Aturan tersebut dibuat khusus untuk manusia agar mereka bisa menjalankan kehidupan dengan baik. Biasanya aturan yang sering ditemui terdiri atas 2 jenis yaitu tertulis dan tidak tertulis. Aturan tertulis biasa ditemui dalam UU dan hukum konstitusi lainnya. Lalu bagaimana hukum tidak tertulis?

Alasan Manusia Perlu Aturan

Hukum yang tidak tertulis berkaitan dengan adat istiadat masyarakat yang sifatnya sebagai kebiasaan. Tiap aturan ada untuk bisa digunakan sebagai pedoman manusia saat melakukan berbagai hal. Aturan dibuat dengan memperhatikan hak dan kewajiban antar sesama umat manusia, sehingga pentingnya pelajaran kewarganegaraan dalam hal ini perlu digalakkan. Penasaran dengan alasan manusia membutuhkan aturan?

Manusia Termasuk Mahluk Sosial

Manusia memang terkenal sebagai makhluk sosial, sehingga dapat menandakan bahwa manusia perlu melakukan interaksi dengan sesama lainnya. Manusia membutuhkan manusia lain untuk menjalani kehidupan dan umumnya tidak bisa berdiri sendiri. Misalnya saja ketika Anda sedang pergi ke suatu tempat, maka pasti membutuhkan peran sopir bis atau ojek untuk bisa mengantar sampai ke tempat tujuan. Lalu bagaimana dengan sopir?

Supir layaknya pelayan jasa yang membutuhkan upah untuk tetap bisa bertahan hidup ke depannya. Aturan yang perlu ditegakkan di sini, ketika Anda menggunakan jasa orang lain dan orang itu sudah menjalankan tugasnya dengan baik, maka Anda perlu membayar jerih payahnya. Itulah pentingnya sebuah aturan dalam menjalankan hidup sehari-hari!

Aturan Digunakan Sebagai Pedoman Kehidupan

Alasan manusia perlu aturan yang kedua yaitu digunakan sebagai pedoman kehidupan. Dengan adanya pedoman, maka manusia tidak akan mudah tersesat dalam menjalankan sesuatu. Aturan memang sengaja dibuat untuk dijadikan pedoman hidup, supaya kehidupan manusia bisa berjalan lebih baik lagi.

Misalnya saja Anda mengendarai sepeda motor di jalan raya, maka pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Pengendara dilarang menerobos lampu merah, maka aturan tersebut perlu ditepati. Ketika pengendara menerobos, maka bisa saja membahayakan diri sendiri ataupun pengendara lainnya.

Manusia Memiliki Etika dan Moral Saat Menggunakan Aturan

Etika merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang hal baik atau buruk. Sama halnya dengan etika dan moral yang berhubungan dengan baik atau buruk. Hal inilah yang membuat manusia membutuhkan aturan, dimana mereka bisa memiliki etika dan moral yang baik.

Misalnya Anda sedang mencari bahan tugas dalam sebuah perpustakaan yang memiliki aturan dilarang berisik. Dengan memutuskan untuk tidak berisik, maka manusia sudah belajar untuk menjadi makhluk yang beretika dan bermoral. Tidak berisik dalam perpustakaan adalah tindakan positif karena tidak menimbulkan gangguan bagi orang lain.

Alasan manusia perlu aturan juga berkaitan dengan terciptanya keadilan, menjalani kehidupan dengan alur yang tepat, agar tidak saling menyakiti, dan tercipta kerukunan.

 

Posting Komentar untuk "Ketahui Alasan Manusia Perlu Aturan"