Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Dampak Dan Penyebab Pergaulan Bebas?

Pergaulan bebas sendiri bisa membantu mempengaruhi kepribadian seseorang yang akan mengarah pada hal-hal negatif. Beberapa hal yang akan berpengaruh sendiri mulai dari mode, tren, sampai dengan perilaku. Untuk itulah pergaulan bebas harus benar-benar dihindari dikarenakan bisa membahayakan Kesehatan, keselamatan dari masa depan seseorang. Adapun dampak dan penyebab pergaulan bebas yang biasanya terjadi.

Dampak Dan Penyebab Pergaulan Bebas

Apa Itu Pergaulan Bebas?

Pergaulan adalah aktivitas bermasyarakat. Sedangkan bebas adalah lepas atau tidak terikat. Pergaulan bebas sendiri disebut dengan pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang sifatnya lepas atau tidak terikat. Pergaulan bebas juga bisa diartikan dengan perilaku interaksi seseorang dengan individu maupun kelompok yang menyimpang bahkan sampai dengan melanggar norma agama maupun norma kesusilaan.

Apa Sajakah Penyebab dan Dampak dari Pergaulan Bebas?

Karena pergaulan bebas sendiri adalah sebuah Tindakan yang menyimpang bahkan melanggar norma dan ajaran agama, maka pergaulan bebas biasanya muncul karena sejumlah faktor. Nah, beberapa dampak dan penyebab pergaulan bebas adalah:

Rendahnya Tingkat Pendidikan Keluarga

Keluarga menjadi lingkungan terdekat yang memiliki pengaruh cukup besar pada perkembangan seseorang. Sehingga sedari dini, anak harus diawasi oleh orang tua dalam melakukan berbagai hal.

Keluarga Broken Home

Penyebab dari keluarga broken home juga bisa menjadi penyebab dari seseorang terkena dampak pergaulan bebas. Bukan hanya itu saja, kondisi keluarga yang tidak harmonis bahkan sering bertengkar juga bisa merusak perkembangan psikis dari sang anak yang membuat mereka lebih senang mencari aktivitas di luar rumah.

Ekonomi Keluarga

Keluarga dengan ekonomi yang rendah juga bisa membuat anak tidak bisa bersekolah bahkan biasanya banyak yang putus sekolah. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor dan dampak anak mengarah ke pergaulan bebas.

Kurangnya Wawasan Agama

Kurangnya wawasan dan pengetahuan tentang agama juga membuat banyak orang yang gagal mengidentifikasi hal yang tidak sesuai dengan norma serta ajaran agama. Maka dari itulah sangat penting untuk mempelajari agama sedari dini agar berusaha untuk melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi segala larangan-NYA.

Adapun untuk dampaknya seperti melakukan seks bebas bahkan bisa menimbulkan kehamilan di luar nikah yang membuat beberapa orang pun nekat untuk menggugurkan kandungan mereka. Dampak lainnya adalah ketergantungan obat-obatan terlarang yang bisa berdampak buruk untuk Kesehatan.

Melakukan Tindakan kriminalitas juga menjadi dampak dari adanya pergaulan bebas. Seorang anak juga bisa membuat anak yang terganggu prestasinya karena banyak orang yang menghabiskan waktu dengan membolos sekolah.

Itulah beberapa dampak dan penyebab pergaulan bebas yang bisa saja terjadi di lingkungan masyarakat baik dari kalangan muda sampai dengan kalangan dewasa sekalipun. Untuk menghindarinya, pastinya ada banyak peran khususnya orang tua dan orang terdekat. Selain itu, pentingnya pelajaran kewarganegaraan juga perlu untuk

Posting Komentar untuk "Apa Dampak Dan Penyebab Pergaulan Bebas?"