Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diketahui 2 Jenis Unsur Puisi Ekstrinsik Dan Intrinsik

Sebelum membuat puisi Anda harus mengetahui apa saja unsur yang terdapat dalam puisi. Unsur puisi dibagi menjadi 2 jenis yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik, keduanya bersama sama membangun sebuah puisi hingga menjadi karya yang indah. Dalam pelajaran bahasa Indonesia juga sering dibahas mengenai cara membuat puisi dan termasuk unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi tersebut.

Unsur Puisi

Para siswa pasti sering mendapat tugas untuk membuat puisi bahkan sekarang ini puisi sudah sering dilombakan bukan hanya karya seni biasa. Untuk itu perlu sekali untuk mengetahui unsur yang ada di dalam puisi yang meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Berikut adalah penjelasannya.

Unsur Instrinsik puisi

Unsur intrinsik ini memiliki pengertian bahwa merupakan unsur puisi yang terdapat di dalam karya puisi tersebut. Unsur intrinsik ini dibagi menjadi 2 yaitu unsur batin dan unsur fisik.

Untuk unsur batin sendiri meliputi 4 unsur puisi yaitu tema, rasa nada, dan amanat. Tema merupakan gagasan pokok yang terdapat dalam puisi, dan tema inilah yang menjadi penentu para penyair untuk memilih diksi yang tepat. Kemudian unsur selanjutnya adalah rasa, rasa merupakan ekspresi penyair terhadap segala sesuatu yang terdapat dalam puisi, rasa dan tema tersebut berkaitan erat dengan latar belakang sosial dan juga psikologi penyair.

Selanjutnya adalah nada, nada ,merupakan sikap penyair terhadap pembaca yang berkaitan erat dengan suasana. Kemudian selanjutnya adalah amanat yang merupakan pesan yang hendak disampaikan penyair kepada pembaca, yang bisa diberikan secara tersurat maupun tersirat.

Unsur Fisik puisi

Unsur intrinsik puisi juga dikenal sebagai unsur fisik puisi yang meliputi, diksi, rima, tipografi, imaji, kata konkret dan juga gaya bahasa. Simak penjelasan selanjutnya sebagai berikut

Diksi merupakan pilihan kata yang memiliki fungsi estetis yang ditujukan untuk memperindah puisi dan juga fungsi ekspresif untuk membantu penyair mengungkapkan ekspresi yang dimiliki. Rima merupakan kesamaan nada pada puisi yang bisa dijumpai pada tiap akhir baris puisi maupun setiap kata dalam baris puisi. Tipografi merupakan suatu unsur puisi yang menunjukkan wujud estetika dalam penulisan puisi. Biasanya puisi hanya disusun dalam bentuk baris saja namun dengan ada unsur tipografi ini terdapat puisi yang berbentuk apel maupun model lainnya.

Baca juga tentang Pentingnya Pelajaran Kewarganegaraan

Selanjutnya adalah imaji yang merupakan kata maupun rangkaian kata yang dapat memperjelas maksud dan tujuan penyair. Kata konkret merupakan keinginan penyair untuk dapat menggambarkan sesuatu secara lebih konkret atau terwujud yang bisa menggunakan kata kata yang mengiring terkesan dapat disentuh maupun dibayangkan. Selanjutnya adalah gaya bahasa, yang merupakan cara penyair dalam menggunakan rangkaian kata untuk mengungkapkan sesuatu, biasanya dijumpai dalam sifat konotatif, berlebihan, bahkan terkesan merendahkan diri.

 

Posting Komentar untuk "Diketahui 2 Jenis Unsur Puisi Ekstrinsik Dan Intrinsik"