Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Persebaran flora Bisa Terjadi dan Faktor-faktornya

Semua makhluk hidup yang tinggal di bumi tersebar di berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Tanaman tak lepas dari hal ini. Dalam dunia biologi, tumbuhan lebih dikenal sebagai flora. Perbedaan flora bisa terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya persebaran flora. Apa saja faktor-faktornya? Yuk kita bahas bersama di bawah.

Persebaran Flora

Penyebab terjadinya persebaran flora

Persebaran flora di indonesia terjadi karena peristiwa geologis pada jutaan tahun yang lalu.  Lebih tepatnya, pada masa pencarian es. Zaman pencarian menyebabkan permukaan air laut naik secara masif.

Hal tersebut mengakibatkan beberapa wilayah yang dangkal menjadi tenggelam dan menciptakan wilayah perairan yang baru. Salah dua wilayah perairan baru yang tercipta dari zaman glasial adalah Laut Jawa dan Laut Arafuru. Dari perairan baru tersebut, flora yang semula bisa bebas bermigrasi kini terhambat akibat kondisi geologis.

Setelah memahami bagaimana flora bisa menyebar di Indonesia. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya persebaran flora.

1. Iklim

Iklim bisa mempengaruhi persebaran tumbuhan. Karena iklim yang stabil akan membuat flora menjadi mudah untuk beradaptasi. Apabila terjadi sebaliknya, iklim yang tidak stabil cenderung akan merusak flora yang tumbuh di daerah tersebut.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus berusaha agar tidak merusak iklim agar flora khas Indonesia masih tetap lestari hingga akhir zaman nanti.

2. Makhluk hidup

Seluruh makhluk hidup saling membutuhkan satu sama lain. Manusia membutuhkan flora untuk mendapatkan asupan oksigen. Flora juga membutuhkan manusia dan hewan agar bisa berkembang biak dengan baik.

Flora juga membutuhkan manusia agar menjaga lingkungannya tetap asri dan subur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan satu sama lain.

3. Struktur tanah

Kondisi struktur tanah mempengaruhi kehidupan dari flora. Struktur tanah yang bagus akan memberikan sirkulasi udara yang lancar. Dengan begitu, akar-akar tumbuhan bisa bernapas dengan baik.

Tanah yang baik biasanya mengandung bahan mineral anorganik, mineral organik, dan udara. Apabila suatu tanah mengandung ketiga unsur tersebut, maka tanah tersebut menjadi tanah yang baik bagi tumbuh-tumbuhan.

4. Topografi

Letak geografis atau topografi juga akan berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan. Misalnya flora yang tumbuh di dataran tinggi tidak bisa hidup di dataran rendah, karena perbedaan susunan sel di dalam tubuh.

Salah satunya adalah sel mitokondria. Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan dan hewan adalah untuk menghasilkan energi pada hewan dan tumbuhan.

Persebaran flora bisa terjadi karena peristiwa pencairan es di masa lampau. Dari peristiwa tersebut tercipta beberapa daerah perairan yang baru sehingga membuat beberapa flora menjadi berpindah atau menghilang. Demikian pembahasan artikel ini, semoga membantu. 


Posting Komentar untuk "Bagaimana Persebaran flora Bisa Terjadi dan Faktor-faktornya"