Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Penjelasan Rukun Islam Secara Detail

Sebagai umat muslim maka harus mengetahui penjelasan rukun Islam. Dalam rukun Islam terdapat 5 amalan yang harus diamalkan oleh umat muslim dan muslimah. Pada dasarnya rukun Islam merupakan Lima tindakan dasar dalam ajaran agama Islam yang dianggap sebagai fondasi wajib bagi orang-orang yang beriman.

Penjelasan Lengkap tentang Rukun Islam

Rukun Islam  dalam sebuah  sabda  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang mengatakan bahwa Islam dibangun pada di atas 5 perkara yaitu persaksian bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan, menunaikan, pergi hai berpuasa di bulan suci Ramadhan. Lebih jelasnya berikut penjelasannya yaitu :

1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat. Ini wajib hukumnya dilakukan bagi seorang yang ingin menjadi. Bunyi syahadat adalah asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Ini berarti bahwa tiada Tuhan selain Allah dan percaya nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Di dalam dua kalimat syahadat tersebut menyatakan bahwa Allah Tuhan yang patut untuk disembah tidak ada yang lainnya. Allah maha menguasai seluruh isi alam semesta.

2. Mendirikan Sholat

Setelah mengucapkan syahadat, rukun Islam 2 adalah mendirikan salat. Salat wajib yang harus dijalankan oleh umat muslim adalah 5 waktu yaitu sebagai berikut :

· Sholat subuh yang dikerjakan sebelum terbitnya Fajar yaitu antara jam 04.00 pagi. Ini berjumlah 2 rakaat

· Salat zuhur dikerjakan pada siang hari sekitar pukul 12.00 siang dengan jumlah rakaat 4

· Salat ashar merupakan surat yang dikerjakan pada sore hari kurang lebih jam 03.00 sore dengan jumlah 4 rakaat

· Salat magrib merupakan salat yang dikerjakan saat matahari terbenam hingga masuk waktu isya. Jumlah rakaatnya ada 3

· Sholat isya yang dikerjakan pada pukul 07.00 malam dengan jumlah rakaat 4

Selain lima sholat fardhu tersebut umat muslim juga disunnahkan untuk menambah beberapa salat Sunnah seperti salat Dhuha, tahajud, qolbiyah dan ba’diyah, Fajar dan lainnya. Semua amalan tersebut memiliki pahala yang sangat besar.

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan

Pada  dasarnya bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang suci bagi umat Islam. Tidak hanya sebagai bulan kemenangan saja, ini juga penuh dengan keberkahan. Pada saat itu semua umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa 1 bulan penuh. Ini bertujuan untuk menyucikan diri serta mencapai ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Puasa Ramadan juga bisa melatih kesabaran serta menimbulkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga terdorong hatinya untuk membantu orang yang kurang mampu. Berbagai amalan baik pahalanya akan dilipatgandakan pada bulan tersebut.

4. Menunaikan Zakat

Zakat adalah sebuah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh umat muslim. Ada beberapa jenis zakat yang bisa dilakukan yaitu zakat fitrah yang dikeluarkan pada bulan suci Ramadan dan ada juga zakat mal yang dikeluarkan berdasarkan hasil niaga atau penghasilan.

Zakat fitrah diserahkan sebanyak 2,5 kg atau bisa diganti dengan uang yang setara dengan beras 2,5 kg. Sementara itu untuk zakat mal bisa menyerahkan 2,5% dari harta yang diperoleh dari penghasilan. Anjuran untuk zakat diperkuat dalam surat al-baqarah ayat 43 yang mengatakan bahwa memerintahkan semua umat muslim untuk mendirikan salat dan menunaikan zakat kertas selalu rukuk bersama dengan orang-orang yang ruku.

5. Menunaikan Ibadah Haji

Bisa pergi ke tanah suci menjadi salah satu impian bagi semua orang khususnya umat muslim. Ini juga menjadi salah satu rukun Islam yang harus dilakukan apabila sudah merasa mampu dan merdeka baik secara fisik maupun finansial. Ini bisa dilakukan satu kali seumur hidup.

Perintah untuk menjalankan ibadah haji tersurat dalam sebuah surat al-imron ayat 97. Ini katakan bahwa mengerjakan haji adalah suatu kewajiban manusia terhadap sang penciptanya yaitu bagi orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban Haji maka sesungguhnya Allah maha kaya tidak memerlukan sesuatu dari semesta alam.

Cukup jelas bukan penjelasan rukun Islam yang harus ditaati oleh umat muslim? Sebagai umat muslim yang baik harus bisa menjalankan semua atau beberapa dari rukun Islam tersebut. Ini akan membuat kehidupan  menjadi lebih baik  dan juga tenang.

Posting Komentar untuk "Informasi Penjelasan Rukun Islam Secara Detail"