Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Access Point serta apa saja Fungsinya ? Berikut Penjelasannya

Mungkin bagi sebagian besar orang belum terlalu paham mengenai access point dalam jaringan komputer. Fungsi access point di  jaringan komputer adalah menjadi satu  hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena memiliki peranan penting dalam pengaturan konektivitas pada internet. Dengan keberadaannya maka wi-fi serta jaringan internet dapat tersambung ke perangkat dengan baik.


Penggunaan Access Point pada Jaringan Komputer

Access point pada jaringan komputer biasanya digunakan untuk konektivitas jaringan pada lingkungan perkantoran. Ini memungkinkan para karyawannya untuk bisa bekerja di mana saja dan tetap terhubung dengan jaringan selama masih berada di wilayah kantor. Fungsi alat ini juga bermanfaat untuk pemasangan wi-fi hotspot pada berbagai tempat umum.

Penggunaan internet tidak hanya sekedar untuk menikmati lancarnya koneksi saja. Akan tetapi juga mengenal komponen dan bagaimana cara berjalannya internet itu juga penting untuk diketahui. Adalah mengetahui mengenai manfaat penggunaan access point pada jaringan komputer beserta keuntungannya.

Mengenal Tentang Access Point

Wireless access point atau yang disebut dengan WAP merupakan sebuah access point pada perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim serta menerima data. Alur akses itu menghubungkan antara para pengguna satu dengan yang lainnya dalam satu jaringan. Itu juga berfungsi sebagai titik interkoneksi antara WLAN dan jaringan kabel tetap.

Dilansir dari bakti Kominfo, pada Access Point di jaringan komputer terdapat antena dan transceiver. Banyak bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari para klient server menuju client server. Untuk bisa memancarkan sinyal wi-fi maka biasanya access point akan tersambung dengan perangkat keras seperti router, hub, melalui kabel ethernet.

Dengan begitu keberadaan Access Point pada komputer dapat memberikan jangkauan lebih luas ke semua ruangan atau berbagai area. Meskipun tetap banyak tembok atau sekat yang menghalangi, tetap bisa terkoneksi dengan sangat cepat.

Cara Kerja Access Point

Access Point akan terhubung langsung ke jaringan area lokal berkabel yang disebut ethernet. Ini juga menyediakan koneksi nirkabel menggunakan teknologi LAN nirkabel seperti wi-fi atau kabel. Access point juga mendukung koneksi beberapa perangkat nirkabel melalui satu koneksi kabelnya.

Access point di jaringan komputer  adalah perangkat yang bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Biasanya pada layar smartphone akan muncul tampilan berisi permintaan pengisian kata. Selanjutnya access point akan mengatur supaya perangkat tersebut bisa terhubung dengan cara mencocokkan kata sandi yang dimasukkan ke dalamnya sudah benar atau belum.

Apabila kata sandi yang masukkan sudah tepat maka akan memberikan secara otomatis alamat IP ke perangkat supaya dapat terhubung dengan jaringan. Juga menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF atau radio frekuensi yang dibentuk oleh jaringan wi-fi dengan jalur data elektrik pada sebuah kabel ethernet.

Fungsi Access Point

Pada dasarnya access point memiliki fungsi utama sebagai pemancar sinyal internet. Selain itu ini juga meliputi pengaturan konektivitas secara kompleks. Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan akses point pada jaringan komputer yaitu :

1. Membantu dalam mengatur akses yang ada di suatu perangkat. Ini dilakukan berdasarkan MAC address yang merupakan sebuah identitas unik yang dimiliki oleh sebuah networking kepada setiap perangkat.

2. Berperan besar sebagai dynamic host configuration protocol ( DHCP). Server ini mampu memberikan IP address pada setiap perangkat yang sudah terhubung dengan Access Point

3. Berperan sebagai pengganti fungsi hub untuk menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel lainnya. Begitu maka jaringan akan sangat lancar dan aksesnya cukup cepat

4. Memberikan fitur keamanan berupa WEP atau Wired Equivalent Privacy dan WAP atau Wireless Application protocol. WEP merupakan  sebuah pengamanan jaringan nirkabel yang menggunakan otentikfikasi terhadap kecocokan kunci yang sudah diberikan klien pada sebuah Access Point. Sementara itu Ap adalah metode keamanan yang dibuat untuk melengkapi metode WEPdecrytion.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai fungsi dari access point di jaringan komputer adalah cukup bermanfaat dan penting. Oleh karena itu penting sekali untuk menggunakannya demi mendapatkan akses internet yang lancar dan cepat.

 

Posting Komentar untuk "Apa itu Access Point serta apa saja Fungsinya ? Berikut Penjelasannya"