Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan Olahraga Bola Basket serta apa saja Teknik Dasarnya ?

Apakah anda adalah orang yang suka bermain bola ? jika anda merupakan orang yang suka bermain dengan bola, anda tentu tahu tentang bola basket. Bola basket adalah bola yang berbentuk bulat dan memiliki daya pantul yang hebat. Bola basket ini sering dimainkan bersama di lapangan khusus untuk basket atau bisa juga dimainkan dimana saja.
Apa yang dimaksud dengan Olahraga Bola Basket serta apa saja Teknik Dasarnya ?
Bola Basket
Anda yang suka bermain bola tentu paham dengan permainan bola yang tidak lain adalah bola basket. Bola basket merupakan permainan sekaligus olahraga yang dilakukan secara berkelompok yang dalam satu timnya beranggotakan 5 orang. Dalam permainan bola basket, kedua tim basket akan bertanding untuk memperebutkan poin dengan cara mencetak skor di keranjang lawan.
Memainkan permainan / olahraga bola basket tentunya dapat dilakukan di lapangan terbuka ataupun di lapangan tertutup. Ukuran lapangan yang digunakan untuk memainkan basket tidaklah memerlukan ukuran lapangan yang besar. Berbeda dengan permainan atau olahraga sepak bola yang haruslah dilakukan di lapangan yang super besar.
Permainan bola basket tentunya lebih ke arah kompetitif karena adanya tempo permainan yang cenderung memiliki waktu lebih cepat, jika dibandingkan dengan aneka macam permainan / olahraga bola lainnya. permainan bola basket juga menjadi permainan yang banyak digemari oleh penduduk yang tidak lain adalah penduduk Amerika Serikat dan juga disukai oleh penduduk negara lainnya. 
 
Lapangan Bola Basket
Permainan bola basket sudah menjadi permainan yang sangat mendunia. Bola basket ini dimainkan di lapangan yang memiliki bentuk persegi panjang dengan lapangan yag memiliki ukuran 28,7 meter x 15,2 meter untuk lapangan ukuran permainan bola basket standar Nasional Basketball Asosociation.
Sedangkan untuk standar Federasi Bola Basker Internasional, lapangan yang digunakan adalah 28 meter x 15 meter. Dalam lapangan bola basket, ada lingkaran yang letaknya di tengah lapangan bola basket. Lingkaran inilah yang digunakan oleh kedua tim basket saat hendak memulai pertandingan bola basket.
Bola basket adalah permainan yang dilakukan oleh 5 orang dan juga tentunya memerlukan 5 orang sebagai pemain pengganti atau pemain cadangan. Dalam permainan bola basket, ada orang yang disebut sebagai wasit. Umumnya, wasit permainan bola adalah satu orang, namun dalam permainan bola basket ini, wasitnya berjumlah 2 orang wasit. Wasit pertama dalam permainan bola basket sering disebut sebagai referee , dan untuk wasit kedua yang disebut sebagai umpire. 
 
Teknik Dasar Bola Basket
Memainkan permainan bola basket tentu tidaklah sembarangan. Bola yang digunakan dalam permainan bola basket memang memiliki daya pantul yang sangat baik. Anda dapat melakukan permainan bola basket kapanpun, dimanapun, dan dengan siapa saja.
Mungkin jika anda melihat orang lain memainkan permainan bola basket akan sangatlah mudah. Namun saat anda sudah mulai mencoba memainkan bola basket itu sendiri, tentu tidaklah mudah dan permainan bola basket memang memerlukan konsentrasi yang tinggi, kerja sama tim yang bagus dan juga kompak.
Dengan memahami tentang apa itu permainan bola basket, akan lebih memudahkan anda yang belum paham dengan permainan bola basket. Bola basket adalah permainan yang memiliki teknik dasar. Teknik dasar dalam permainan bola basket adalah teknik yang wajib dipahami dan dikuasai oleh para pemain bola basket. 
 
Dalam permainan bola basket, beberapa teknik dasarnya adalah :
1. Teknik dasar saat memegang bola
Hal ini adalah hal yang paling dasar dan harus bisa dilakukan oleh setiap pemain permainan bola basket, Posisi memegang bola basket adalah dengan kedua buah tangan yang anda miliki dan pastikan anda memegang bola dengan kuat
2. Teknik mengoper atau melemparkan bola basket
Teknik oper bola sering disebut sebagai passing. Lakukan pengoperan bola basket dengan kedua tangan kepada pemain lain yang masih 1 tim
3. Teknik dribble
Dribble adalah teknik yang dilakukan saat menggiring bola. Menggiring bola basket dilakukan sambil bermain. Pastikan bola tidak lepas dari jangkauan tangan anda saat berlari
4. Teknik pivot
5. Teknik shooting atau menembak bola
Teknik ini adalah melakukan penembakan / memasukkan bola ke gawang lawan dengan tujuan mendapatkan poin / skor
6. Teknik rebound

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Olahraga Bola Basket serta apa saja Teknik Dasarnya ?"