Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda


Pendidikan adalah suatu proses dari pengubahan tata laku dan sikap seseorang atau kelompok orang di dalam usaha mendewasakan manusia itu sendiri dengan melalui upaya pengajaran serta pelatihan. Tujuan dari adanya Pendidikan yakni guna menjadi media di dalam melakukan pengembangan potensi serta mencerdaskan manusia, agar manusia itu menjadi siap menghadapi kehidupan di masa mendatang. Pendidikan pada sebuah negara bisa dikatakan sebagai suatu hal yang utama dan sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan. Karena dengan Pendidikan terutama untuk generasi muda, suatu negara akan menjadi lebih baik kedepannya. Salah satu jenis Pendidikan yang harus ditingkatkan yakni Pendidikan karakter.

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter atau character education sangat erat kaitannya dengan pendidikan moral, dimana tujuan dari Pendidikan karakter yakni untuk membentuk serta melatih kemampuan seseorang secara terus-menerus dalam upaya penyempurnaan diri ke arah hidup yang lebih baik di kemudian hari.

Pendidikan karakter yakni suatu sistem dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Fungsi dan Tujuan 

Fungsi Pendidikan Karakter

Secara umum fungsi dari pendidikan karakter yakni untuk membentuk karakter seseorang sampai menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bermoral, tangguh, bertoleransi, serta berperilaku baik. Berikut ini fungsi dari Pendidikan karakter.

Mengembangkan potensi dasar dari dalam diri seseorang sehingga menjadi manusia yang berhati baik, berpikiran baik, dan juga berperilaku baik.

Guna membangun serta memperkuat perilaku dari masyarakat yang multikultur.

Guna membangun serta meningkatkan peradaban dari suatu bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Pendidikan karakter sebaiknya dilakukan sejak dini, yakni sejak masa kanak-kanak. Yang dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat, serta memanfaatkan berbagai media pembelajaran.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pada dasarnya tujuan utama dari pendidikan karakter yakni untuk membangun bangsa yang kuat serta tangguh, dimana masyarakat di dalamnya berakhlak mulia, bertoleransi, bermoral, dan bergotong-royong.

Untuk mencapai tujuan dari pendidikan karakter harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter pada peserta didik yang bersumber dari Agama, Pancasila, dan juga Budaya. Berikut contoh nilai-nilai pembentuk karakter dalam Pendidikan karakter:

Nilai kejujuran

Sikap toleransi

Disiplin

Rasa ingin tahu

Semangat kebangsaan

Cinta tanah air

Menghargai prestasi

Kerja keras

Kreatif

Kemandirian

Sikap demokratis

Pentingnya Suatu Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda

Pada saat ini proses globalisasi secara terus-menerus datang dan akan berdampak pada perubahan karakter dari masyarakat Indonesia terutama generasi muda. Perlu adanya Pendidikan yang dapat mengontrol karakter generasi muda agar tidak terseret arus globalisasi, yakni Pendidikan karakter. Kurangnya pendidikan karakter untuk generasi muda akan menimbulkan krisis moral yang mengakibatkan perilaku yang negatif di masyarakat, seperti penyalahgunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas, kekerasan terhadap anak, pencurian, dan sebagainya.

Menurut pendapat dari Thomas Lickona, setidaknya ada tujuh alasan mengapa pendidikan karakter harus diberikan kepada masyarakat sejak dini, sebagai berikut:

1. Pendidikan karakter merupakan suatu cara paling baik guna memastikan para peserta didik mempunyai kepribadian serta karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pendidikan karakter bisa membantu meningkatkan prestasi akademik dari peserta didik.

3. Sebagian dari anak muda tidak dapat membentuk sendiri karakter yang kuat dalam dirinya di tempat yang lain.  

4. Dapat membentuk individu yang mempunyai sifat menghargai serta menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam lingkungan masyarakat yang majemuk.

5. Sebagai upaya untuk mengatasi akar permasalahan moral-sosial, seperti ketidaksopanan, ketidakjujuran, etos kerja yang rendah, kekerasan, dan lain sebagainya.

6. Pendidikan karakter menjadi cara terbaik guna membentuk perilaku seseorang sebelum masuk ke dalam dunia kerja atau usaha.

7. Sebagai cara atau metode guna mengajarkan nilai-nilai budaya yang baik yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

Itulah pembahasan singkat tentang Pendidikan terutama tentang pentingnya Pendidikan karakter untuk generasi muda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk membentuk karakter yang lebih baik lagi.


Posting Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda"