Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pendidikan Berkualitas Itu Penting? Ini Jawabannya!

Kenapa Pendidikan Berkualitas Penting?

Pentingnya Pendidikan Berkualitas
Pendidikan merupakan pengajaran yang dilakukan dengan tujuan melatih kemampuan seseorang. Kemampuan yang dimaksud disini mencakup pengetahuan, pemikiran, dan juga kreativitas. 

Adapun menurut Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan nasional, pendidikan akan membimbing seseorang dalam mencari kodratnya seperlu mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya. Karenanya ada peranan penting dari pendidikan dalam meningkatkan tingkat kecerdasan masyarakat yang nantinya tentu berpengaruh pada kemajuan bangsa.

Pendidikan Membentuk Karakter

Pendidikan tidak hanya menularkan ilmu pengetahuan tapi juga akan membentuk karakter seseorang membentuknya menjadi pribadi yang lebih baik, memiliki tanggung jawab, memiliki kemampuan saling menolong, dan sebagainya. Tanpa adanya pendidikan, tidak akan ada manusia yang mampu berpikir bijak. Hasilnya akan muncul banyak pertentangan lantaran setiap manusia merasa paling benar.

Melestarikan Budaya Bangsa

Fungsi lain yang diberikan pendidikan yaitu melestarikan budaya atau kultur suatu bangsa. Perkembangan jaman yang semakin modern dengan arus globalisasi tinggi memiliki risiko menggerus budaya suatu bangsa secara perlahan tapi pasti. Akan tetapi, melalui pendidikan budaya dapat diperkenalkan kepada siswa-siswa calon penerus bangsa agar mereka memiliki rasa cinta dan minat untuk melestarikan budaya bangsa yang dimiliki. 

Sudahkah Pendidikan di Indonesia Berkualitas?

The World Bank, World Development Report sempat melakukan penelitian di tahun 2007 silam. Penelitian yang dimaksud meneliti kemampuan pelajar di 41 negara. Adapun dari semua negara yang disurvei didapati Indonesia menempati posisi ke-39.

Penelitian lain juga dilakukan oleh PISA atau Programme for International Student Assessment di tahun 2019. Dari penelitian PISA didapati Indonesia menempati posisi ke-72 dari total 77 negara yang dikaji.

Sejumlah data penelitian di atas menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan sejumlah negara-negara lain. Ada banyak faktor yang mempengaruhi di mana salah satunya berkaitan dengan sistem pendidikan yang tengah berjalan di Indonesia.

Diketahui sistem pendidikan Indonesia memiliki waktu belajar sangat padat. Mayoritas pelajar di Indonesia menggunakan waktunya sekitar 8-9 jam untuk belajar. Bagaimana dengan negara lain? Nyatanya meski memiliki kualitas pendidikan lebih baik waktu belajar di sejumlah negara tidaklah lebih lama. Contohnya di Finlandia pembelajaran di kelas hanya berlangsung 4-5 jam saja. Selebihnya pelajar Finlandia menggunakan waktunya untuk berinteraksi dan bermain bersama temannya.

Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Pendidikan di Indonesia

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak sektor menerima dampaknya tidak terkecuali sektor pendidikan. Pandemi didapati menyebabkan kualitas pendidikan menurun lantaran terganggunya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),

Proses KBM banyak dilakukan secara online selama pandemi. Perubahan metode pembelajaran yang sangat berbeda drastis dari luring menjadi daring menimbulkan sejumlah hambatan. Hal ini karena kurangnya bekal pemahaman teknologi dan sarana prasarana belajar yang memang belum memadai. Adanya ketidakstabilan jaringan internet juga memberi kendala tersendiri dalam proses penyampaian materi. Dari sisi peserta didik pun mengalami penurunan semangat belajar.

Tentu menyikapi kendala yang dihadapi karena pandemi tidak dibiarkan begitu saja, terutama oleh tenaga pendidik. Segenap guru kreatif juga tampil memperbarui kemampuan terutama dalam pemanfaatan teknologi agar menunjang KBM daring.

Salah satu upaya yang disuguhkan untuk menunjang KBM daring sekaligus meningkatkan semangat belajar peserta didik yaitu dengan membuat video pembelajaran. Video dibuat untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan minat belajar. Karena tidak dipungkiri pemberian materi secara online tanpa disertai dengan visualisasi mendukung tidak mudah diterima oleh semua peserta didik.

Survei telah dilakukan untuk mengetahui efektifitas dari pembuatan video pembelajaran. Adapun hasilnya video pembelajaran cukup efektif meningkatkan pengetahuan dan minat belajar sebagian peserta didik. Namun, media pembelajaran satu ini memang belum memberi hasil memuaskan 100%. Karena sekali lagi pandemi juga mempengaruhi semangat dan motivasi belajar peserta didik. Inilah mengapa dibutuhkan pula kreativitas dari para tenaga pendidik agar kegiatan pembelajaran makin berkualitas.

Tingkat pendidikan menjadi cermin sekaligus tolak ukur seseorang menjalani kehidupannya. Karenanya penting memberikan pendidikan yang berkualitas dan sekaligus mengajarkan untuk menyebarkan manfaat. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan dunia pendidikan Indonesia khususnya bisa semakin baik dan semakin berkualitas.


Posting Komentar untuk "Kenapa Pendidikan Berkualitas Itu Penting? Ini Jawabannya!"