Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

 


Dengan banyaknya ragam flora dan fauna yang ada di dunia maka tentunya akan lebih mudah jika mengelompokkan makhluk hidup tersebut dalam sebuah klasifikasi, sehingga lebih mudah untuk membedakannya. Dalam membuat klasifikasi makhluk hidup biasanya dilakukan dengan menemukan kesamaan sifat organisme tersebut, sehingga dengan demikian organisme yang memiliki kesamaan bisa disebutkan dalam satu klasifikasi yang sama. Melakukan klasifikasi pada makhluk hidup bahkan sudah dilakukan oleh manusia saat zaman prasejarah. Bahkan tanpa sengaja, sering kali melakukan pengelompokan pada makhluk hidup ini dalam kehidupan sehari-hari, agar kita lebih mudah dalam menemukan sesuatu, contohnya saja pedagang akan lebih mudah dalam menata dagangannya, ketika sayuran dikelompokkan dengan sayuran lain, begitu pula dengan buah dikelompokkan dengan buah lain.

Kebiasaan melakukan klasifikasi ini tentunya akan semakin mempermudah manusia dalam berbagai hal. Apalagi dengan adanya 8.7 juta spesies yang ada di muka bumi, tentunya akan semakin memudahkan jika klasifikasi itu digunakan.Namun untuk lebih jelasnya lagi berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai Tujuan klasifikasi makhluk hidup yang sebenarnya :


Memberi Deskripsi Pada Makhluk Hidup

Tujuan klasifikasi makhluk hidup yang pertama adalah untuk memberi deskripsi pada makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. Dengan demikian akan lebih mudah bagi kita untuk bisa membedakan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya, karena meskipun memiliki ciri yang hampir sama namun bukan berarti bahwa makhluk hidup itu merupakan satu jenis, dibutuhkan ciri yang spesifik dan betul-betul sama untuk bisa mengklasifikasikan makhluk hidup dalam klasifikasi yang sama. Contoh sederhananya dengan adanya klasifikasi ini Anda bisa membedakan jenis yang berbeda dari makhluk hidup berdasarkan cirinya, seperti misalnya saat Anda ingin membedakan antara tanaman sayur maupun tanaman obat.


Melakukan Pengelompokkan Pada Makhluk Hidup

Dengan berjuta-juta spesies yang ada di dunia ini, semuanya memiliki perbedaan dan persamaannya masing-masing. Bahkan sering kali spesies yang nampak sama tapi ternyata dikelompokkan dalam klasifikasi yang berbeda karena ada ciri lainnya yang membuatnya berbeda. Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan pengelompokkan pada makhluk hidup. Dengan mengetahui ciri yang sama dari makhluk dan menempatkannya pada suatu klasifikasi juga bisa menambah pengetahuan tentang perubahan makhluk hidup yang terjadi di dunia. Sering kali makhluk hidup yang sama kemudian berevolusi karena perubahan kondisi alam, sehingga pada akhirnya bisa menjadi makhluk hidup yang serupa tapi tak sama karena memiliki adanya perbedaan kecil.


Mengetahui Adanya Hubungan Kekerabatan Antar Makhluk Hidup

Bisa dikatakan bahwa semakin dekat hubungan kekerabatan antar makhluk hidup maka akan semakin banyak persamaan yang dimilikinya. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu Tujuan klasifikasi makhluk hidup dimana kita bisa mengetahui bahwa satu makhluk hidup ternyata masih memiliki kekerabatan yang dekat atau pun tidak dari persamaan yang dimiliki.


Memberi Nama Pada Makhluk Hidup

Meski nampaknya saat ini sudah ada banyak sekali spesies yang diketahui di muka bumi, namun bisa jadi masih ada jutaan lainnya yang belum diketahui, karena di laut saja hanya sebagian kecil yang bisa dijelajahi oleh manusia, maka sangat mungkin masih ada banyak biota laut yang belum ditemukan oleh manusia. Setiap kali ditemukan makhluk hidup yang baru maka kita akan langsung menelitinya dan melakukan klasifikasi, setelahnya makhluk hidup itu pun bisa diberi nama ketika sudah diketahui klasifikasinya. Itulah beberapa Tujuan klasifikasi makhluk hidup.

Posting Komentar untuk "Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup"