Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teknik dan Pengertian Pivot dalam Olahraga Bola Basket



Olahraga merupakan salah satu mata pelajaran yang akan didapatkan siswa di sekolah. Siswa akan mempelajari teori dan melakukan praktek olahraga seperti bola voli, atletik hingga bola basket di sekolah sebagai bagian dari kurikulum pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Terdapat beberapa teori tentang permainan bola basket yang akan dipelajari seperti pembagian peran pemain hingga pengertian pivot serta gerakan – gerakan lain. 

Gerakan pivot merupakan salah satu gerakan dasar yang sangat penting dalam permainan bola basket. Gerakan ini bisa menjadi dasar dari dinamika gerakan dalam permainan basket agar pemain memiliki ruang untuk menembak atau mengoper bola tanpa harus terkena foul karena traveling.


Mengenal Gerakan Pivot

Kata pivot merupakan sebuah kosakata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna sumbu. Pengertian gerakan pivot adalah gerakan berputar hingga 360 derajat dengan menggunakan salah satu kaki sebagai sumbu atau poros dengan posisi memegang bola. Gerakan ini memungkinkan pemain untuk melindungi bola agar tidak direbut pemain lawan. Gerakan memutar juga memungkinkan pemain untuk menemukan ruang menembak atau melakukan passing pada rekan satu tim.

Gerakan pivot harus dilakukan dengan teliti karena hanya ada satu kaki yang boleh aktif bergerak dan satu kaki yang lain menjadi poros. Pivot menjadi salah satu gerakan dasar yang paling banyak dipraktekkan oleh pemain yang memegang bola. Gerakan ini kemudian bisa dikombinasikan dengan beragam gerakan lain seperti passing, tembakan dengan beragam teknik ataupun gerakan berlari dengan melakukan dribble jika pivot dilakukan setelah menerima bola dan bukan di bagian akhir gerakan membawa bola.

Teknik gerakan pivot bisa dilakukan dengan diawali menentukan kaki mana yang akan digunakan sebagai sumbu. Tekuk lutut dan posisikan pinggang untuk mengimbangi gerakan berputar dengan posisi agar membungkuk. Pastikan kaki sumbu tidak berubah posisi agar tidak terkena foul karena dianggap traveling. Gunakan lengan sebagai pelindung bola agar tidak direbut lawan. Letakkan bola di dekat pinggang, dagu atau di antara kedua kaki untuk menyulitkan lawan merebut bola.

Kesempurnaan gerakan pivot bola basket  untuk mempertahankan bola membutuhkan kombinasi gerak tipu tangan yang memegang bola. Gerak tipu ini juga penting untuk memperoleh ruang dan posisi ideal sebelum menembak. Gerak tipu bisa membuat pemain lawan yang menghalangi atau berusaha merebut bola kehilangan orientasi pertahanan sehingga ada ruang terbuka untuk menembak atau mengoper bola. Hal inilah yang membuat pivot merupakan gerakan dasar yang sangat penting.


Tujuan dan Manfaat Penggunaan Gerakan Pivot

Setelah memahami pengertian pivot maka ada beberapa tujuan serta manfaat yang bisa diperoleh pemain ketika melakukan gerakan tersebut. Beberapa tujuan dan manfaat pivot antara lain adalah :

  • Menemukan celah di ruang pertahanan lawan untuk melakukan gerakan menerobos pertahanan, mengoper bola kepada kawan atau melakukan tembakan.

  • Menanti rekan satu tim yang melakukan gerakan tanpa bola agar menempati posisi untuk menerima bola atau melancarkan serangan.

  • Sebagai gerakan tipu agar lawan kehilangan orientasi pertahanan sehingga lengah dan memungkinkan mengoper bola kepada kawan atau menembak dari jarak dekat.

  • Mempertahankan bola agar tidak direbut lawan sambil menyusun strategi serangan yang akan dilancarkan.

  • Gerakan pivot dalam posisi bertahan setelah berhasil mengamankan atau merebut bola dari penguasaan lawan bisa mengurangi tekanan lawan yang berusaha merebut bola karena harus segera bergerak ke posisi bertahan.


Itulah beberapa kegunaan dan tujuan praktek pivot dalam olahraga permainan bola basket. Praktek melakukan gerakan pivot merupakan implementasi dari pengertian pivot dalam olahraga bola basket. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Teknik dan Pengertian Pivot dalam Olahraga Bola Basket"