Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Latihan Kebugaran Jasmani

 Mari Ketahui Pengertian dan Contoh Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah hal yang perlu Anda penuhi supaya tubuh bisa dengan baik lakukan banyak aktivitas. Kebugaran jasmani pun bisa dikatakan sebagai kemampuan dari tubuh lakukan aktivitas rutin tanpa merasakan kelelahan berlebihan. Semakin kebugaran jasmani Anda bagus, maka kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari pun semakin bagus. 

Lalu apa itu pengertian dan contoh latihan kebugaran jasmani? Berikut ini pembahasan lebih lanjutnya. 


Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani bisa dikatakan merupakan bentuk dari kemampuan fisik seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan dan pastinya masih memiliki sisa energi. Semakin kebugaran jasmani seseorang baik, maka kemampuannya untuk atasi berbagai aktivitas pun semakin baik. Dapat dikatakan jika kebugaran jasmani merupakan salah satu faktor penentu ketahanan serta kesehatan tubuh. Misalnya dengan lebih banyak olahraga, maka tubuh pun akan merasa lebih fit serta terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Oleh sebab itu, perbaiki pola hidup Anda dengan memperbanyak aktivitas fisik serta olahraga untuk jaga ketahanan tubuh. Jangan Anda biarkan tubuh hanya terdiam dalam waktu yang lama serta tidak banyak bergerak, karena akan picu otot dan tulang yang kaku karena lama tak diberi aktivitas berat. 

Contoh Latihan Kebugaran Jasmani

Selanjutnya, Anda pun perlu mengetahui bentuk latihan dari kebugaran jasmani dalam pembahasan pengertian dan contoh latihan kebugaran jasmani ini. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Push Up

Push up adalah salah satu bentuk dari latihan untuk tingkatkan kebugaran jasmani. Olahraga satu ini merupakan jenis calisthenic. Di mana artinya, jenis olahraga ini punya fungsi untuk kuatkan otot bahu, dada, dan trisep. Gerakan dari push up bahkan bisa bentuk otot perut dan punggung bawah. 

Sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan ketika lakukan push up, yaitu perhatikan pergerakan posisi tangan, hadap ke depan selalu, serta perhatikan gerakan naik dan turun secara tetap. Push up ini pastinya efektif sekali untuk tingkatkan massa otot serta kesehatan organ jantung. 

  • Back Lift

Back lift mempunyai fungsi bentuk otot punggung supaya menjadi lebih simetris dan kekar. Latihan ini dilakukan dengan badan dan kepala yang menghadap ke lantai dengan lurus, kemudian pelan-pelan menggerakkan dada sampai kepala naik dan turun maksimal. Manfaat dari back lift ini tingkatkan kekuatan tubuh, kurangi risiko cedera, turunkan berat badan, bentuk dan perbaiki postur tubuh. 

  • Sit Up

Sit up berfungsi untuk latih berbagai otot. Sit up bisa latih otot dada, perut, leher, pinggang, dan panggul. Dengan lakukan sit up, Anda bisa ambil sejumlah manfaat seperti perbaiki postur tubuh, kencangkan otot, bentuk tubuh ideal, serta memperbaiki keseimbangan tubuh. 

Jika Anda ingin dapatkan berbagai manfaat tersebut, maka harus rutin berolahraga supaya kebugaran jasmani pun bisa terbentuk dalam tubuh. 

  • Shoulders Press

Shoulder press fungsinya untuk latih kekuatan otot bahu dan lengan. Cara latihannya cukup mudah, Anda bisa memakai barbel menjadi alatnya. Setelahnya, Anda hanya angkat barbel memakai kedua tangan lurus ke depan kemudian angkat hingga ke dada, lakukan dengan berulang. 

  • Leg Squat

Leg squat memiliki tujuan untuk latih otot tungkai. Untuk lakukan latihan ini, Anda hanya perlu barbel, kemudian angkat menggunakan kedua tangan, lalu letakkan barbel serta tangan ke bawah leher. Setelahnya, Anda dapat tekuk lutut, lalu turun hingga setengah jongkok. Lakukan gerakan berulang. 

  • Lari Cepat Sejauh 50 Meter

Lari cepat tujuannya untuk melatih kecepatan gerak Anda. Lari cepat dengan start berdiri. Anda harus berdiri menggunakan salah satu kaki ada dekat dengan garis start. Lalu dengarkan aba-aba memulai. Setelah aba-aba, Anda bisa lari secepat mungkin dengan jarak sejauh 50 m.

Demikian pembahasan singkat tentang pengertian dan contoh latihan kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Latihan Kebugaran Jasmani"