Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Komponen Pemerintah Pusat

Dalam suatu Negara tentunya terdapat pemerintah yang merupakan unsur perangkat Negara yang bertugas dalam menjalankan urusan kenegaraan. Dengan adanya pemerintah maka tentunya bisa menjadikan Negara lebih maju dan rakyatnya lebih tertata kehidupannya. Sistem pemerintahan di Indonesia terutamanya terdiri dari beberapa komponen yaitu legislatif, yudikatif dan juga eksekutif. Ketiga komponen pemerintahan tersebut saling berhubungan satu sama lain untuk menjalankan pemerintahan Indonesia. Untuk urusan pemerintahan pusat biasanya dipegang oleh Komponen komponen pemerintah pusat yang termasuk ke dalam lembaga eksekutif, Komponen komponen pemerintah pusat yang dimaksud adalah Presiden, Wakil Presiden dan juga para menteri.

Untuk bisa lebih mengerti tentang Komponen komponen pemerintah pusat ini, maka akan lebih baik jika Anda bisa mempelajari satu persatu tentang tugas-tugas dari masing-masing Komponen komponen pemerintah pusat tersebut. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mengerti tentang Komponen komponen pemerintah pusat tersebut. Berikut ini dijelaskan secara langsung tentang tugas-tugas dari Komponen komponen pemerintah pusat yang terdiri dari presiden, wakil presiden dan para menteri.

Presiden

Di Indonesia yang menganut sistem pemerintahan Presidensial, maka Presiden merupakan pihak yang memegang kekuasaan tertinggi dan tentunya presiden adalah salah satu dari Komponen komponen pemerintah pusat yang memiliki kendali dalam menjalankan pemerintahan.  Namun tentunya dalam menjalankan pemerintahannya, presiden harus berpedoman pada Undang-Undang, sehingga meski memiliki kekuasaan yang tertinggi, namun tentunya kekuasaannya itu dibatasi oleh undang-undang, sehingga tentunya presiden tidak akan bertindak sewenang-wenang, karena pada dasarnya undang-undang dibuat untuk rakyat. Selain itu presiden juga memiliki wewenang untuk mengangkat serta memberhentikan menteri-menteri, karena para menteri ini bisa dikatakan sebagai kaki tangan langsung dari presiden.

Kemudian Presiden juga bertugas untuk membuat peraturan pemerintah demi menjalankan UU. Presiden bisa mengajukan rancangan UU kepada DPR. Selain memegang kekuasaan tertinggi Negara, presiden memiliki kuasa penuh atas Angkatan Darat, Laut dan Udara. Sehingga presiden juga berhak untuk menyatakan saat kondisi dalam bahaya dan bahkan bisa menyatakan perang.

Wakil Presiden

Dalam menjalankan tugas kenegaraannya maka Presiden dibantu oleh seorang wakil presiden. Dengan adanya wakil presiden maka pelaksanaan tugas pemerintahan setiap harinya bisa dibagi dan presiden bisa lebih fokus pada urusan lainnya yang lebih genting. Wakil Presiden juga bertugas untuk membuat agenda kerja kabinet dan memiliki wewenang untuk menentukan apa yang menjadi prioritas kebijakan pemerintah. Ketika diadakannya sidang kabinet maka Wakil Presiden juga bertugas untuk memimpinnya, serta menyimpulkan hasil dari sidang tersebut dan menyampaikannya kepada rakyat, karena tentunya rakyat berhak tahu atas sidang yang diadakan. Berhubung wakil presiden adalah orang yang membuat agenda kerja cabinet, maka wakil presiden juga harus bisa mengawasi bagaimana kinerja dari para anggota cabinet. Agar pemerintahan bisa berjalan dengan lancar maka wakil presiden harus bisa melakukan koordinasi dengan lembaga tinggi Negara yang lainnya.

Para Menteri

Komponen komponen pemerintah pusat yang terakhir adalah para menteri yang merupakan orang-orang yang membantu presiden atau tangan kanan presiden. Menteri-menteri biasanya memegang satu urusan tertentu agar semua pekerjaan presiden dalam mengurus masalah kenegaraan bisa lebih terorganisir semuanya. Biasanya satu kementerian mengurus hanya satu urusan seperti misalnya urusan pendidikan dan kebudayaan diurus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, urusan hukum dan HAM diurus oleh Kementerian Hukum dan Ham, serta lain sebagainya. Dengan adanya Komponen komponen pemerintah pusat maka pemerintah pusat bisa berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan tentang komponen - komponen pemerintah pusat. Semoga bermanfaat bagi pembaca blog ini.



Posting Komentar untuk "Komponen Komponen Pemerintah Pusat"