Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tujuan VOC Didirikan Di Indonesia

Tujuan VOC bisa diketahui lebih lanjut dengan mempelajari sejarah pendirian VOC terlebih dahulu. Tujuan awal kedatangan Belanda di Indonesia adalah untuk melakukan perdagangan, tetapi kemudian Belanda mendirikan VOC tahun 1602 demi mendapatkan keuntungan sebesar mungkin.

Sepak terjang VOC semakin terlihat setelah pusat administrasi dipindah dari Ambon ke Batavia yang merupakan pelabuhan perdagangan penting di Indonesia. Dengan pemindahan pusat administrasi ini, pengaruh VOC semakin luas tersebar ke banyak wilayah di Indonesia.

Tujuan VOC

Pemerintah Belanda juga memberikan banyak hal istimewa pada serikat dagang ini, yang meliputi hak perdagangan, hak monopoli, hak mencetak uang, dan hak membuat perjanjian dengan penguasa lain.

Seiring keuntungan yang semakin kecil dan anggaran belanja yang semakin besar, VOC akhirnya dibubarkan tanggal 31 Desember 1799. Apa saja tujuan pendirian VOC di Indonesia? Berikut ulasannya.

Untuk Menguasai Pelabuhan

Pembentukan VOC di Hindia Belanda atau Indonesia memiliki berbagai tujuan yang salah satunya adalah untuk menguasai pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Letak Indonesia di jalur perdagangan sendiri memang sangat strategis, belum lagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat bergantung pada jalur transportasi laut untuk melakukan perdagangan.

Penguasaan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia oleh VOC akan membawa dampak lebih lanjut tentunya. Pelabuhan menjadi tempat transit kapal-kapal yang membawa hasil sumber daya yang ada di Indonesia. Jika VOC mampu menguasai pelabuhan, sumber daya tersebut secara otomatis akan bisa dikuasai oleh VOC.

Untuk Memonopoli Perdagangan

Tujuan VOC didirikan selanjutnya yang paling penting adalah untuk menerapkan monopoli perdagangan. Monopoli perdagangan sendiri merupakan hak yang diberikan secara khusus oleh pemerintah Belanda kepada VOC. VOC diperbolehkan untuk memonopoli perdagangan di daerah di antara Tanjung Harapan yang berada di ujung benua Afrika hingga Selat Magelhaen yang berada di ujung benua Amerika. Dengan adanya monopoli perdagangan oleh VOC, organisasi perdagangan Belanda ini bisa meraup keuntungan sebanyak mungkin dari daerah jajahan.

Untuk Menguasai Rempah-rempah

Rempah-rempah merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang sangat besar di Indonesia dan menjadi sebab kedatangan penjelajah Eropa mengarungi samudera dan mengelilingi dunia. Pentingnya pelajaran kewarganegaraan salah satunya adalah untuk mempelajari sejarah Indonesia lebih dalam, termasuk mengenai rempah-rempah.

Persaingan sengit terjadi di antara negara-negara Eropa yang ingin menguasai rempah-rempah di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah Belanda mendirikan VOC yang memonopoli perdagangan di Indonesia dengan tujuan menguasai rempah-rempah yang dihasilkan di Indonesia,

Untuk Menguasai Kerajaan-kerajaan di Indonesia

Menguasai pelabuhan saja tidak cukup untuk memperkuat kekuasaan VOC di Indonesia. Tujuan VOC didirikan selanjutnya adalah untuk menguasai kerajaan-kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia, VOC bisa mengambil alih tentara-tentara kerajaan di Indonesia dan mengalihkan mereka menjadi tentara perang Belanda.

Suntikan sumber daya manusia ini akan memperkuat kemampuan perang VOC demi memenangkan persaingan dengan kongsi perdagangan dari negara Eropa lain, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal yang juga ingin menguasai perdagangan di Indonesia.

Posting Komentar untuk "4 Tujuan VOC Didirikan Di Indonesia"