Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Nilai-Nilai Dari Olahragawan Yang Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Kebangsaan

Olahragawan melulu soal kemampuan fisik saja? Tentu saja tidak. Ada banyak nilai-nilai yang bisa ditemukan dalam seorang olahragawan yang perlu juga diterapkan dalam kehidupan kebangsaan. Berikut nilai-nilai di dunia olahraga yang sanat penting dalam kehidupan berbangsa sehari-hari.

Olahragawan

Nilai Persatuan

Nilai pertama yang dijunjung tinggi oleh olahragawan yang bisa diterapkan dalam kehidupan kebangsaan adalah nilai persatuan. Persatuan dalam olahraga tak melulu persatuan kelompok, melainkan juga individual yang meliputi atlet, pelatih, pengurus, dan pendukung. Olahragawan, baik individual maupun kelompok akan kesulitan melakukan dan bahkan memenangkan pertandingan sebaik mungkin tanpa adanya persatuan dari pihak-pihak tersebut.

Nilai Kerja Sama dan Kekompakan

Pentingnya pelajaran kewarganegaraan juga bisa dilihat daro nilai-nilai yang ditonjolkan oleh para olahragawan yang membawa nama individu atau bangsa. Olahraga tidak bisa dipisahkan dari kerja sama, bahkan untuk olahragawan individu karena selalu ada pihak lain yang terlibat hingga olahragawan tersebut bisa bertanding dan memenangkan pertandingan tersebut. Kemampuan kerja sama dan kekompakan mutlak diperlukan untuk olahragawan yang bertanding dalam tim.

Nilai Persahabatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pertandingan olahraga, akan selalu ada beberapa olahragawan atau tim yang harus bertanding satu sama lain untuk meraih kemenangan. Kompetisi memang menjadi urat nadi utama dalam pertandingan olahraga, tetapi kompetisi tersebut dilakukan secara sehat dengan menjunjung tinggi nilai persahabatan. Para olahragawan hanya menjadi musuh saat bertanding di lapangan dan menjadi teman baik di luar lapangan.

Nilai Fair Play

Olahragawan pasti sangat familier dengan penggunaan istilah fair play. Apa itu fair play? Penerapan fair play dalam pertandingan olahraga mengutamakan sikap obyektif yang terbuka dan tidak memihak. Dalam hal ini, permainan olahraga harus bebas dari kecurangan dan tipu muslihat dari semua pihak yang terlibat, termasuk pemain dan wasit pertandingan.

Nilai Ketekunan dan Kerja Keras

Dalam dunia olahraga, bakat saja tidak cukup untuk membuat seorang olahragawan meraih kemenangan dan posisi tertinggi di bidangnya. Para olahragawan tekun berlatih untuk membangun kemampuan berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Banyak olahragawan yang mulai berlatih semenjak kecil untuk mendapatkan kemampuan yang dipertunjukkan dalam pertandingan hari ini. Mereka tetap berlatih apa pun hasil pertandingan hari ini, baik menang atau kalah.

Nilai Solidaritas

Solidaritas juga menjadi salah satu nilai utama yang bisa kita pelajari dari para olahragawan. Solidaritas sendiri merupakan sikap kebersamaan baik senang maupun susah dalam kejadian atau masalah tertentu. Solidaritas dalam olahraga sanat penting diterapkan dalam tim olahragawan maupun tim pendukung yang menunjukkan kuatnya ikatan emosional di antara mereka. Solidaritas ini juga akan memberi semangat untuk para olahragawan untuk bekerja lebih keras lagi demi meraih podium tertinggi.

Olahragawan masih memiliki banyak nilai penting lain yang sejalan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Posting Komentar untuk "6 Nilai-Nilai Dari Olahragawan Yang Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Kebangsaan"