Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Jaringan Komputer serta apa saja manfaatnya ? Berikut penjelasanya

 Mengenal Sejarah, Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang mengalami perkembangan sangat cepat. Komputer kini sudah tidak lagi digunakan sendiri – sendiri karena kebanyakan komputer sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Internet merupakan salah satu bentuk jaringan komputer yang kini sangat umum digunakan. Untuk bisa mengetahui hal ihwal tentang jaringan komputer maka hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian jaringan komputer dan berbagai macam bentuk jaringan yang kini digunakan.

Mengenal Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut jaringan telekomunikasi antar komputer yang memungkinkan komputer – komputer yang terhubung untuk saling bertukar data atau melakukan aktivitas komunikasi. Inilah yang disebut sebagai pengertian dasar dari sebuah jaringan komputer. Setiap komputer yang terkoneksi dalam jaringan bisa saling meminta serta memberikan service. 

Komputer yang bekerja dengan menerima layanan kemudian disebut klien; sedangkan komputer yang memberi layanan disebut dengan server atau peladen. Konsep desain jaringan komputer dengan pola ini kemudian disebut dengan sistem klien – pelaten atau client – server. Skema ini merupakan skema yang paling umum digunakan hampir di semua bentuk jaringan komputer karena efektivitas kinerjanya. 

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer pertama kali dikenal dari sebuah konsep yang diperkenalkan pada tahun 1940-an oleh sekelompok peneliti di Universitas Harvard. Penelitian ini mengerjakan sebuah proyek yang mengembangkan MODEL I; sebuah komputer konsel di laboratorium Bell. 

Konsep ini awalnya digunakan untuk tujuan agar komputer mampu mengerjakan lebih dari satu proses agar kinerja komputer – komputer lebih efisien dan tidak membuang waktu. Awalnya skema ini dibuat untuk mengerjakan proses beruntun atau Batch Processing yang menyusun antrian pekerjaan.

Konsep tersebut kemudian berkembang seiring perkembangan teknologi komputasi dan keberhasilan membuat perangkat yang pada masa itu disebut dengan super komputer. Sebuah komputer kemudian mampu memberi pelayanan bagi beberapa komputer melalui terminal dengan konsep distribusi proses berupa Time Sharing System.

Inilah cikal bakal pengertian jaringan komputer yang kemudian diterapkan dalam praktek berupa beberapa perangkat komputer yang saling terhubung. Perkembangan selanjutnya terjadi ketika ARPANET yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1970 berhasil membuat jaringan 10 komputer yang saling berkomunikasi.

Terobosan terjadi di tahun 1982 ketika ditemukan Transmission Control Protocol atau TCP yang kemudian berkembang menjadi Internet Protocol atau IP; pondasi bagi jaringan internet yang hingga saat ini masih digunakan dan terus dikembangkan.

Kini jaringan komputer sudah berkembang dalam berbagai wujud. Berdasarkan cara kerjanya, macam jaringan komputer dibagi menjadi dua tipe berupa jaringan client – server dan jaringan peer to peer. Sedangkan berdasarkan ukuran atau jangkauannya, jaringan komputer Local Area Network, Metropolitan Area Network dan Wide Area Network. Jika dilihat dari media transmisinya maka jaringan komputer terbagi dalam jaringan dengan kabel serta jaringan nirkabel atau tanpa kabel.

Manfaat Jaringan Komputer

Ada begitu banyak manfaat jaringan komputer yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Beberapa manfaat umum dari jaringan komputer antara lain adalah :

  • Jaringan komputer memungkinkan untuk berbagi sumber daya berupa program atau aplikasi, data hingga peripheral.
  • Memungkinkan digunakan sebagai media komunikasi yang efektif dan melibatkan multimedia.
  • Efisiensi pada penggunaan dan pengelolaan sumber daya.
  • Meningkatkan efisiensi komunitas atau kelompok dalam bekerja.
  • Memberi keamanan dalam menjaga data melalui pengelolaan hak akses di sebuah jaringan.
  • Menghemat kebutuhan pemeliharaan dan pengembangan.
  • Mempertahankan informasi agar tetap kekinian dan bisa diandalkan.

Itulah pengertian jaringan komputer hingga manfaat jaringan komputer yang kini sangat banyak digunakan dan memungkinkan penggunanya melakukan beragam aktivitas penggunaan komputer atau perangkat komputasi dengan lebih efisien.

Posting Komentar untuk "Apa itu Jaringan Komputer serta apa saja manfaatnya ? Berikut penjelasanya"